Agar Nggak Terjebak Toko Online Palsu

16 Jun

Gambar

Di dunia maya (dumay) kini udah banyak toko online alias daring (dalam jaringan). Tapi maraknya kasus penipuan via dumay seharusnya jadi alarm buat kita agar lebih waspada. Nah, mau tahu gimana nyiasatin kasus tipu-menipu ala dumay itu? Yuk coba simak beberapa tips ini.

1. Pastikan Mereka Punya Situs Sendiri
Nah, buat masalah ini ada baiknya Kamu pastiin dulu, toko onlen itu punya situs dengan hosting sendiri nggak? Jangan-jangan mereka pakai yang situs gratisan. Hehe. Nah, kalau memang toko daring itu punya hosting sendiri, berarti tandanya mereka memang serius dalam berbisnis.

2. Jangan Mudah Tergiur Harga Murah
Cari barang ekonomis? Itu kudu. Tapi jangan sampai gila dengan harga-harga murah yang nggak masuk akal lho, Teman. Nah, kalau menemui model penjualan yang kaya gini, jangan buru-buru ambil tindakan buat bertransaksi. Pastikan harga yang ditawarkan oleh penjual setara dengan harga pasaran produk.

3. Situs Punya Halaman Kontak Yang Dapat Dihubungi
Hmm, coba bayangkan kalau toko daring nggak menyertakan kontak atau customer service yang bisa dihubungi oleh pelanggannya? Jadi, kalau kita mau cari tahu tentang barang yang kita taksir atau mau komplain pada barang yang udah dikirim bakal berasa rempong kan tuh. Nah, kontak itu bisa berupa form email, alamat email atau nomor telepon/HP.

4. Testimonial
Biasanya, situs toko daring yang bisa dikatakan dapat dipercaya adalah yang punya testimonial. Hal itu menandakan bahwa toko onlen tersebut telah memiliki pelanggan. Nah, dari testimonial para pelanggan itu, kita bisa mengetahui kualitas produk yang mereka tawarkan.

5. Memiliki Twitter atau Halaman Pages di Facebook
Toko daring yang punya Twitter atau Facebook Pages menandakan kalau mereka punya strategi marketing yang baik. Halaman Facebook Pages yang dimaksud di sini adalah akun Facebook Pages, bukan akun Facebook individu. Bedanya, pada Facebook Pages itu terdapat tombol ”Like” buat bergabung. Nah, kalau akun Facebook individu punya tombol ”Add as Friend” untuk menjadi teman.

6. Cermati Hal-Hal Nggak Wajar
Biasanya, transaksi belanja daring itu dilakukan dengan melakukan transfer via bank, kartu kredit atau bisa juga lewat payment gateway kayak Paypal atau iPay. Nah, kamu kudu waspada kalau nemu toko daring yang menanyakan hal-hal yang sifatnya rahasia kayak password kartu ATM, internet banking atau akun Paypal kamu. Hal kayak gini nggak masuk akal banget karena pihak bank dan atau Paypal itu nggak mungkin menanyakan hal-hal seperti itu.

Jadi, waspada sebelum bertransaksi itu penting!

Sumber: http://bit.ly/LtitAt

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: