Obati Gigitan Serangga Cukup dengan Kain Basah

16 Jun

Gambar

Kebanyakan orang mengatasi gigitan serangga dengan mengoleskan krim penghilang rasa nyeri atau anti-inflamasi. Mungkin Anda perlu mempertimbangkan mengatasi gigitan serangga dengan cara yang lebih mudah yaitu dengan menempelkan kain basah pada kulit yang terkena gigitan.

“Penyelidikan menyimpulkan bahwa hanya ada sedikit bukti bahwa krim penghilang rasa nyeri benar-benar dapat bekerja mengatasi gigitan serangga. Dalam beberapa kasus, luka gigitan serangga akan sembuh dengan sendirinya,” kata peneliti di Drug and Therapeutics Bulletin seperti dilansir BBC, Kamis (12/4/2012).

Berbagai obat dijual di apotek untuk meringankan gatal-gatal, nyeri dan pembengkakan karena gigitan serangga seperti nyamuk, kutu dan tungau yang hidup di tempat tidur. Tetapi sejauh ini kain flanel yang dibasahi merupakan upaya terbaik untuk meringankan efek gigitan serangga, meskipun saran dari badan-badan resmi, seperti NHS Choices, menunjukkan bahwa perawatan masih perlu dilakukan.

Para peneliti menunjukkan sejumlah data dan bukti pada jurnal-jurnal yang akhir-akhir ini dipublikasikan mengenai perawatan terhadap gigitan serangga.

“Orang-orang yang menggunakan perawatan dengan obat-obatan harus mengetahui bahwa tidak ada bukti obat-obat tersebut bekerja terhadap gigitan serangga karena kondisi tersebut akan membaik dengan sendirinya bukan karena pengaruh obat,” kata David Phizackerley, seorang wakil penulis jurnal.

Sumber: Detikhealth.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: