Trik Menghadapi 5 Tantangan dalam Berdiet

2 Dec

diet 300x287 Trik Menghadapi 5 Tantangan dalam Berdiet

Menahan ‘godaan’ saat sedang diet memang tidak mudah. Banyak tantangan yang muncul saat Anda berusaha menjaga pola makan. Baik secara fisik maupun mental. Saat memutuskan berdiet, Anda harus tahu tantangan apa saja yang akan muncul agar bisa menghindarinya. Ini dia lima tantangan yang paling umum dialami orang yang sedang diet, seperti dikutip dari Become Gorgeous.

1. Malas Sarapan
Kesalahan umum yang dilakukan saat diet adalah tidak sarapan. Walaupun membosankan, sarapan dapat mengontrol diet Anda. Tidak sarapan akan menambah rasa lapar dan pada akhirnya Anda akan mengonsumsi makanan lebih banyak. Tidak hanya itu, melupakan sarapan juga menyebabkan gula darah menurun dan menimbulkan keinginan mengonsumsi makanan manis.

Sebaliknya, jika memulai hari Anda dengan sarapan yang sehat dan bergizi, Anda mempunyai simpanan bahan bakar yang cukup sampai waktu makan siang. Oleh karena itu, makanlah buah-buahan segar, sereal berserat tinggi, yoghurt atau telur saat sarapan.

2. Lapar di Tengah Malam
Bagaimana menahan rasa lapar di tengah malam? Pastikan Anda tidak melewatkan sarapan, makan siang, makan malam dan makanan ringan yang sehat. Melewatkan semua itu hanya akan menimbulkan rasa lapar di tengah malam.

Bila rasa lapar terlanjur mendera, minumlah air atau teh herbal yang dicampur madu. Cara ini bisa mengenyangkan perut Anda tanpa menambah asupan kalori yang tidak penting.

3. Membayangkan Makanan
Membayangkan makanan saat diet adalah hal yang wajar. Tapi jangan sampai kebiasaan itu mendorong Anda untuk melahap banyak makanan yang mengandung lemak dan kalori.

Untuk menahan keinginan makan, konsumsilah serat yang banyak. Serat bisa melancarkan sistem pencernaan dan memberi rasa kenyang lebih lama. Jika keinginan makan tetap tidak terelekkan, sepotong kue atau beberapa keping kue kering rasanya tidak masalah, asalkan dalam jumlah yang terkontrol.

4. Terbiasa Makan Cepat
Makan terlalu cepat tidak hanya menyebabkan gangguan pencernaan dan nyeri perut, tetapi juga dapat mengganggu diet. Hasil riset menunjukkan bahwa makan terlalu cepat dapat meningkatkan kegemukan. Ketika makan dengan cepat, tubuh tidak memiliki waktu yang cukup untuk memberi isyarat pada otak bahwa makanan yang dikonsumsi sudah cukup.

Usahakan selalu makan di meja makan, tidak di depan tv. Masukkan makanan ke dalam mulut sedikit demi sedikit, kunyah perlahan, kemudia telan. Harus diingat bahwa makan dengan perlahan dapat memberi waktu pada tubuh untuk menyerap nutrisi.

5. Makanan di Pesta
Hidangan di pesta pernikahan atau ulang tahun teman memang sangat menggiurkan. Tapi coba hitung berapa kalori, gula dan lemak yang dikandungnya. Cara paling efektif untuk menghindari konsumsi makanan berlebih adalah makan sedikit sebelum pergi ke pesta. Bisa memakan buah, sayur atau roti gandum. Pergi dengan perut sedikit kenyang, mencegah Anda kalap dan memakan apa saja di pesta nanti.

Sesampainya di pesta, ambil piring kecil untuk menaruh makanan. Pilih menu yang tidak digoreng atau mengandung santan. Mungkin Anda ingin mencoba daging barbeque atau zuppa soup, boleh saja asal jangan berlebihan. Sebagai pencuci mulut, pilih buah segar atau sepotong kecil pudding tanpa saus fla.

sumber: wolipop.com via http://hutantropis.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: