Bis Tingkat Tempo Dulu (Solo)

8 Feb

Gambar

Bis tingkat mulai digunakan pertama kali di Indonesia pada tahun 1983 atas inisiatif ibu Tien Soeharto dan pada tahun 1987 jumlah bis tingkat yang beroperasi di Kota Solo sebanyak 30 buah. Bis tingkat ini dikelola oleh Damri. Selain Solo, beberapa kota besar lain seperti Jakarta, Surabaya, dan Makassar pernah pula mengoperasikan armada angkutan darat ini.


Di pertengahan dekade 90-an, tarif jauh-dekat bus ini adalah Rp 150,- dan setahun kemudian naik menjadi Rp 300,- hingga menjelang “kepunahannya” tarifnya mencapai Rp 1000,-. Sayang, sejak tahun 1997/1998, keberadaan bis tingkat mulai berkurang, salah satu penyebabnya adalah imbas krisis moneter yang melanda.

Ada yang kangen dengan si gagah namun lembut ini, Sedherek?
*Kangen bis ini

3 Responses to “Bis Tingkat Tempo Dulu (Solo)”

  1. edi purwono June 28, 2013 at 4:28 am #

    kalau ingat bus yang satu ini…rasanya ingin mengulang nostalgia masa kecil menaiki bus ini sewaktu pulang ke solo,dari terminal kartasura – palur.kemana sekarang “dia” berada????

  2. mursidah siswoyo January 23, 2014 at 2:41 am #

    ingat waktu skull dulu, waktu jam kosong iseng2 naik aja bis ini, palur – kartasura- ke palur lagi hehehehe…. bahkan bus ini ada yang terbakar diwilayah kleco, sekarang kok ga ada bus ya, kalo ga ada motor/mobil pribadi susahhhhh….

  3. Handica Desta March 10, 2014 at 3:53 am #

    Sekarang di solopun sudah mulai ada lagi bis tingkat ini, dengan bentuk yg lebih bagus tentunya.. pengen naik.. karena terakhir saya naik bus tingkat waktu SD, diajak tante.. 20th yg lalu😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: