DUA JALAN

19 Jul

Gambar

“Aku bepergian bersama temanku menuju kota Shan’a`. Pada suatu malam kami sepakat untuk pergi ke Bioskop yang kami belum tahu jalan menuju ke sana. Karena kami tahu bahwa pergi ke bioskop adalah sebuah perbuatan yang tercela, kamipun tidak bertanya kepada orang-orang dewasa di mana tempatnya. Maka kami mencari-cari anak-anak kecil.

Di saat kami sedang mencari-cari, tampak di hadapan kami seorang anak kecil yang usianya tidak sampai sembilan tahun. Saat itu adalah waktu antara dua shalat, yaitu shalat maghrib dan shalat isya’. Lalu kamipun bertanya kepadanya tentang jalan menuju bioskop.

Anak kecil itu melihat kepada kami dengan merenung kemudian berkata, “Ini adalah jalan yang akan menghantarkan kalian ke bioskop, dan ini adalah jalan yang akan menghantarkan kalian ke masjid.” Dan dia mengisyaratkan dengan tangannya kepada dua jalan tersebut.

Kamipun tercengang dengan jabawan dan kebijaksanaannya saat dia memperingatkan kami bahwa jalan yang kami tuju adalah jalan keburukan, dan dia menjelaskan kepada kami jalan kebaikan. Maka kamipun terjaga dari kelalaian kami, kemudian kamipun meniti jalan menuju masjid, lalu kami melangkah dengan langkah-langkah kembali bertaubat kepada Allah.

Alangkah baiknya anak itu, mudah-mudahan Allah Ta’ala membalasnya dengan kebaikan, demikian pula kami.

Oleh: Abu Basyar Shan’a`-Yaman

Sumber: Majalah Qiblati

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: