Dadang Heriadi, Memanusiakan Penderita Sakit Jiwa

16 Aug

Gambar

Dadang “orgil” Heryadi, bukan berarti dengan kata orgil (orang gila) itu Dadang termasuk ke dalam orang-orang “minus”, tapi karena dedikasinya merawat orang-orang dengan keterbelakangan mental tersebut.

Dadang melihat seorang penyandang sakit jiwa yang sedang mengais-ngais makanan di tong sampah. Ia mengaku tersentuh, kemudian mengenang masa lalunya yang buruk– sebagai pemuda nakal yang suka minum-minuman keras. Dadang berpikir, andai tidak berhenti mabuk-mabukan saat itu, mungkin sekarang ia sudah seperti orang gila tersebut.

Kejadian itu seolah menjadi titik balik dalam perjalanan hidup Dadang. Dan dari niat yang tulus, juga ingin merubah hidup kelam yang dulunya banyak punya musuh disana – sini, bersama Taufik Ahmad Rifai dan Rofi Setiawan, kakak iparnya yang ahli pengobatan spiritual akhirnya mendirikan Yayasan Keris Nangtung.

Tak sedikit orang yang meremehkan perjuangan Dadang. Saat mencari dana dan donatur ke beberapa pihak, Dadang tak jarang ditolak dan harus mendengar kata-kata tidak sedap. “Mereka bilang, buat apa kasih makan orang kayak gitu. Mendingan saya kasih makan anjing.”

Dalam menangani “pasiennya”, Dadang memperlakukan mereka seperti orang normal. mereka diajak berinteraksi dengan diajak bicara, bernyanyi, olahraga bahkan dilakukan pengajian, tanpa peduli apakah mereka mengerti atau tidak.

Yayasan Keris Nangtung mulai terkenal setelah diliput oleh salah satu stasiun tv swasta. “Pernah ketika usai kami diwawancarai dalam acara Kick Andy, Metro TV lalu keesokkannya justru bertambah banyak lagi orang – orang gila yang berkeliaran diseputaran Kota Tasikmalaya”, papar Kang Dadang.

Videonya:

http://www.kaskus.co.id/thread/51e114e741cb176d31000007/memanusiakan-manusia-dadang-heriadi-quotpahlawanquot-para-penderita-sakit-jiwa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: