Buat yang Suka Marah-Marah Saat Listrik PLN Padam [BACA GAN]

12 Dec

Kebanyakan dari kita ketika listrik padam responnya yang ada cenderung negatif. Ada yang ngomel, ada yang uring-uringan, ada yang marah-marah, bahkan ada yang ngamuk-ngamuk saking kesalnya. Pemicunya beragam: kadang sedang keadaan kerja yang membutuhkan kelistrikan, kadang sedang nonton TV, kadang sedang kumpul-kumpul dan berbagai kondisi yang lainnya. Apalagi bagi yang sedang nonton siaran langsung sepakbola tim favoritnya, ketika mendadak listrik pada saat pertandingan berlangsung.. sumpah serapah dan caci maki langsung keluar dari mulut. Tapi apakah kita tau apa yang sedang terjadi di luar sana terkait kondisi kelistrikan yang ada? Apakah kita tau secara pasti apakah sebenarnya penyebab padamnya listrik tersebut?

Banyak faktor penyebab pemadaman listrik mendadak, seperti: kabel tegangan tinggi putus, kebakaran rumah penduduk, trafo meledak, hingga kelakuan warga yang iseng
Contoh penyebab pemadaman listrik insidental dan memaksa untuk dilakukan pemadaman
Sekitar 2 minggu yang lalu, seorang petugas PLN yang bekerja di wilayah daerah ane meninggal dunia akibat meledaknya sebuah trafo PLN yang sedang dilakukan proses perbaikan atau maintenance. Ada kalanya untuk menghindari kekecewaan konsumen pengguna listrik, proses maintenance tertentu dilakukan tanpa dilakukannya pemadaman arus listrik. Reza nama petugas tersebut, seorang pemuda lajang yang bekerja sebagai karyawan teknik, outsource di PLN. Reza meninggal di tempat dengan sebagian tubuh luka parah terbakar sengatan listrik. Temannya yang berada disampingnya saat kejadian masih terselamatkan nyawanya, meski sempat terlempar akibat daya ledakan trafo yang sedang diperbaikinya.

Ilustrasi seorang petugas PLN yang sedang memperbaiki sambungan instalasi trafo PLN
Sejak kejadian tersebut di atas, TS pribadi jadi lebih cooling down ketika menghadapi listrik padam. Tidak lagi
yang namanya ngomel-ngomel atau uring-uringan tatkala listrik padam. Saat listrik padam, TS lebih memilih khusnudzon bahwa ada kondisi-kondisi darurat yang memaksa pihak PLN untuk melakukan pemadaman listrik. Buat TS pribadi, TS lebih memilih legowo dengan listrik yang padam, daripada harus bertambah korban Reza yang lainnya. Bayangkan bagaimana remuk redam dan sedihnya perasaan orang tua dan keluarga dari Reza, pagi berangkat bekerja dalam keadaan sehat, malam kembali dalam keadaan sudah tak bernyawa. Kita yang punya rasa empati dan simpati, pasti sedih ngebayanginnya.. apalagi kalau agan tau bahwa gaji seorang pekerja outsource di PLN tidak sebesar dengan resiko yang harus mereka hadapi dalam pekerjaan mereka.

Mungkin sebagian dari kaskuser yang baca trit ini pernah mengalami yang namanya kesetrum. Ane pernah beberapa kali gan, terutama waktu masih kecil dulu, bahkan ada yang membekas dalam bentuk luka seperti bekas luka imunisasi di lengan. Ente bayangin aja gan, rasanya badan kaya begitu ketika kena setrum listrik tegangan 220 VOLT yang sudah masuk ke dalam rumah-rumah pelanggan. Bagaimana dengan yang puluhan ribu volt?

Mungkin kalau dalam kasus pemadaman bergilir dalam waktu yang cukup lama, masih ada toleransi untuk memahami kekecewaan konsumen yang jelas butuh suplai listrik untuk beraktifitas dan melakukan pekerjaan sehari-hari. Itupun kadang-kadang juga dalam keadaan yang sama-sama sulit. Semisal pemadaman bergilir akibat debit air di waduk PLTA yang surut akibat kekeringan di musim kemarau.. mau kita marah-marah ampe bego juga gak akan jadi solusi. Akhirnya dengan terpaksa dilakukan pemadaman bergilir agar tidak over beban.

TS juga memahami kondisi agan-agan sekalian yang daerahnya sering kena pemadaman, terlebih yang daerahnya cenderung rutin terkena pemadaman. Tentunya pihak PLN memberi keterangan atas penyebab terjadinya pemadaman tersebut. Selama alasannya memang jelas dan terpaksa dilakukan pemadaman atas kondisi yang ada, harapan TS kekesalan atau kemarahan yang ada lebih dapat teredam. Kita yang sudah mendapatkan aliran listrik, meski kadang harus mengalami pemadaman berkala mungkin bisa menenangkan amarah dengan rasa syukur, karena masih banyak wilayah lain di Indonesia yang belum mendapatkan aliran
listrik dari PLN, masih gelap gulita tanpa aliran listrik sepanjang tahun. Mari kita saling mendoakan gan.

Sebagai salah satu contoh saat ini di kawasan Bandar Lampung terjadi pemadaman bergilir. Terpaksa dilakukan dikarenakan PLTU tarahan sedang melakukan pemeliharaan overhoul, artinya pemeliharan dan pengecekan seluruh mesin pembangkit, mulai dari boiler, turbin sampai mesin-mesin pendukung yang paling kecil. Hal ini dilakukan untuk mecegah kerusakan yang parah di masa datang sehingga meminimalkan pemadaman selanjutnya. Biasanya overhoul dilaksanakan selama 40 hari. Nah yang tidak tau kondisinya mungkin hanya bisa marah-marah. Padahal ini musti dilakukan pada interval waktu tertentu dan juga melihat kondisi pembangkit yang ada untuk kelangsungan jangka panjang. Kalau tidak dilakukan overhaul, mudharatnya akan lebih besar gan.

Coba kita cerna dari sudut pemikiran yang lain: PLTA sumber tenaganya adalah dari air waduk atau bendungan yang bekerja menggerakkan turbin, kalau musim kemarau parah jarang hujan, hujan turun karena atas izin Allah ‘Azza wa Jalla. Bisa jadi kita diberi kekeringan yang berdampak salah satunya pada pemadaman listrik bergilir adalah bentuk azab akibat kita sebagai hamba Allah kurang pandai bersyukur, kerap lalai atas kewajiban kita dalam beribadah, jarang sedekah, dll. Nah tabiat kebanyakan manusia, ketika Allah berikan kemudahan dan limpahan nikmat malah banyak yang kufur dan lalai kepadaNya. Namun jika diberi azab dan musibah, lebih banyak yang menggerutu daripada intropeksi diri. Jadi kalau misal terjadinya pemadaman listrik secara bergilir itu akibat faktor alam seperti kekeringan, maka mari kita banyak-banyak berdoa agar Allah memberi pertolonganNya.

PLN dalam beberapa tahun terakhir ini terus bekerja keras menjadi lebih baik. Tak hanya dalam meningkatkan pelayanan, memperbaiki dan meningkatkan kualitas infrastruktur yang ada agar suplai listrik untuk masyarakat menjadi lebih baik.. bahkan hingga internal perusahaan pun PLN banyak sekali berbenah, salah satunya dalam pencegahan tindak korupsi dan menghapuskan budaya suap. Slogan “bekerja tanpa suap” yang tertera di kantor PLN, mobil PLN hingga seragam petugas PLN bukan hanya isapan jempol belaka. Yang kedapatan terima suap atau korupsi benar-benar langsung dipecat gan.

Jangan kita total menyalahkan PLN ketika terjadi pemadaman bergilir akibat over beban yang ada. Pencurian listrik masih terjadi dimana-mana. Mulai dari skala rumah tangga sampai industri. Coba pikir gan, kita inginnya listrik gak pernah padam, tapi para maling pencuri listrik masih banyak kita temui. Ane pernah tanya sama seorang pemilik warnet, komputernya ada 15, tapi listrik cuma tertera 1300 watt, beberapa bulan kemudian kena razia, ternyata nyolong listrik. Temen ane yang punya warnet lain juga pernah kena denda PLN, akibat juga nyolong listrik, akibatnya PLN dirugikan. Sama kaya kasus koruptor gan, kalau uang negara gak dikorupsi, hidup rakyat lebih baik. Begitu pula PLN, kalau pencurian listrik tidak meraja lela, maka PLN tidak akan dirugikan dan alokasi dana PLN untuk menambah pembangkit listrik juga akan bertambah. Kita jangan ikut-ikutan seperti itu gan, kita berusaha jadi warga yang baik.

Intisari yang ingin TS sampaikan kepada agan dan sista sekalian adalah bahwasanya ketika listrik PLN mendadak padam, itu tentu dengan alasan emergency atau dalam keadaan darurat atau terpaksa harus memadamkan aliran listrik. Salah satunya adalah untuk mencegah jatuhnya korban jiwa dari pihak petugas PLN maupun masyarakat terkait kondisi yang ada.

Bayangkan jika ketika hujan deras dan angin kencang menyebabkan jaringan kabel PLN putus akibat tertimpa pohon atau baliho dan yang semisalnya. Jika tidak dilakukan pemadaman, bisa memakan korban masyarakat yang ada disekitar lokasi. Dan tentunya kasus-kasus seperti kabel putus, kebakaran, trafo meledak dan semisalnya harus dilakukan pemadaman sementara untuk menghindari jatuhnya korban jiwa dari petugas ataupun warga.

Sumber: http://www.kaskus.co.id/thread/52a5b2b03f42b2d4138b4629/buat-yang-suka-marah-marah-saat-listrik-pln-padam-baca-gan/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: