TIPS AMAN BERTRANSAKSI MENGGUNAKAN ATM

4 Jan

Aksi kejahatan pembobolan melalui anjungan tunai mandiri (ATM) akhir-akhir ini semakin marak. Untuk mengantisipasi aksi kajahatan tersebut, berikut tips-tips agar terhindar dari aksi kejahatan ATM, diantaranya :

1. Melindungi kerahasiaan PIN ATM dengan cara yaitu:
a. Mengganti PIN secara berkala
b. Menutup dengan tangan ketika memasukkan PIN sehingga tidak terlihat pihak lain
c. Tidak terpancing memberikan PIN kepada pihak lain yang seolah-olah petugas bank dan meminta nasabah untuk menyebutkan atau menginput nomor PIN.

2. Cari lokasi ATM yang relatif aman.

3. Memerhatikan kondisi fisik ATM dan sekelilingnya, dan apabila ada hal-hal yang mencurigakan, nasabah diharapkan tidak menggunakan ATM tersebut dan segera melapor kepada pihak bank terdekat atau ke yang berwajib.

4. Pada saat bertransaksi menggunakan kartu ATM pada merchant (toko yang bekerja sama dengan pihak perbankan), diharapkan nasabah memperhatikan kondisi alat EDC, bila terdapat alat (device) mencurigakan yang menempel pada EDC atau hal lain yang mencurigakan, nasabah dihimbau tidak bertransaksi dan segera melapor kepada pihak bank terdekat atau yang berwajib.

5. Usai bertransaksi, segera tekan tombol secara acak agar pihak lain tidak dapat mendeteksi nomor PIN atau angka-angka pada saat bertransaksi sebelumnya.

6. Segera blokir kartu ATM bila menemukan kejanggalan transaksi.

7. Jangan mudah percaya dengan bantuan orang lain di sekitar ATM.

_______________________________________________

MODUS PENCURIAN DENGAN MENUKAR KARTU ATM

Bagi mitra humas yang sering melakukan transaksi elektronik menggunakan kartu ATM dihimbau agar lebih berhati-hati. Baru-baru ini telah terjadi modus pencurian dengan cara menukar kartu ATM dan membuat seolah-olah kartu tersebut tersangkut di mesin ATM.

Aksi kejahatan dengan modus tersebut dialami oleh seorang ibu rumah tangga bernama Heni Pridia (44) di sebuah mesin ATM yang terletak di salah satu Minimarket di Jalan Kejaksaan, Pondok Bambu, Jakarta Timur. Heni yang saat itu hendak menarik uang tiba-tiba dikagetkan dengan layar mesin ATM yang mati secara tiba-tiba. Menurut keterangan korban, tak lama ada seorang pria yang mengaku dapat mengeluarkan kartu tersebut. Setelah beberapa lama, pria tersebut berhasil mengeluarkan kartu korban dari mesin ATM dengan cara mencongkel mesin menggunakan kawat.

Senang karena kartu ATM nya telah kembali akhirnya korban pulang ke rumah. Tak lama setelah sampai di rumah, Korban merasa curiga saat merapikan isi dompet dan melihat kartu ATM miliknya karena nama yang tertera di ATM tersebut bernama Dewi Sartika.

Setelah sadar korban segera menghubungi call cantre untuk melakukan pemblokiran rekeningnya. Namun, menurut pegawai bank uang di rekening korban sudah ditarik tunai sebesar Rp 10 juta dan Rp 5 juta ditransfer ke rekening lainnya.

Kasus tersebut kini sedang ditangani oleh Polres Jakarta Timur.

Sumber: Divisi Humas Mabes Polri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: