Video

Matahari Tak Pernah Tenggelam?

3 May

Dalam kehidupan sehari-hari, Anda tentu sudah mengetahui bahwa matahari terbit dari timur dan tenggelam di barat. Namun, apakah arti bahwa mataharai tak pernah tenggelam? Saat ini, kita tidak membahas dunia kita sehari-hari, namun sedang membicarakan daerah kutub utara maupun kutub selatan. Mengapa bisa dikatakan bahwa di sana matahari tidak pernah tenggelam?

Sesuai pernyataan di atas, bahwa matahari terbit di ………………., namun bila kita berada di kutub, matahari bergerak membentuk pola lingkaran, dan di kutub utara, polanya mengikuti arah jarum jam, dan sebaliknya di kutub selatan berlawanan dengan arah pada jarum jam. Di masing-masing kutub, kita dapat melihat matahari tak pernah terbenam selama kira-kira setengah tahun, bila di kutub selatan matahari mulai terlihat pada 23 September, dan pada 22 Desember matahari akan terlihat yang paling tinggi.

Mengapa tinggi? Karena pola matahari yang membentuk lingkaran juga mengalami naik dan turun, sehingga ketika pada tanggal 23 September, matahari berada dibawah atau bisa dibilang di kaki langit. Dan puncaknya, pada 22 Desember matahari akan terlihat yang paling tinggi. 21 Maret matahari akan menghilang dari kutub selatan. Bagaimana dengan kutub utara?

Jelas, ketika matahari berada pada puncaknya di kutub selatan, kutub utara akan terlihat sangat gelap, karena matahari ada di daerah atas bumi, bukan di bawah. Puncak tertinggi matahari di kutub utara adalah 22 Juni. Sama seperti kutub selatan, bila di kutub utara sedang dalam posisi tertinggi matahari, di kutub selatan akan terlihat seperti dunia tanpa cahaya sedikitpun.

Video: Youtube
Artikel: http://quinflyers.wordpress.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: