Bikin Penasaran!! Ini Bedanya Bangku sama Kursi Gan..

3 Sep

 

 

Semua pasti uda tau apa itu bangku/kursi… Yupz benar, sebuah benda yg berfungsi sebagai tempat untuk kita duduk. Klo secara harfiahnya bangku/kursi adalah sebuah perabotan rumah yg biasa digunakan sebagai tempat duduk.

Pada umumnya bangku/kursi memiliki 4 kaki yg digunakan untuk menopang berat tubuh di atasnya. Tetapi ada beberapa jenis bangku/kursi, seperti ‘barstool’ yg hanya memiliki 1 kaki di bagian tengahnya.

Trus Apa Sih Bedanya Bangku sama Kursi?

Ane kebetulan juga baru tau apa bedanya bangku dengan kursi, gara-gara liat tayangan acara di salah satu TV swasta. Apa aja sih perbedaannya :

• Kalo BANGKU gak ada sandarannya
Contohnya:

– Bangku Bulat


– Bangku Plastik


– Bangku Bakso


• Kalo KURSI itu ada sandarannya, dan biasanya dilengkapi dengan penyangga untuk tangan

Contohnya:

– Kursi Malas


– Kursi Tamu


– Kursi Makan


• Kalo BANGKU biasanya dipakai untuk rakyat jelata, atau diperuntukkan untuk fasilitas umum

Contohnya:

– Bangku Taman


– Bangku Warteg


– Bangku Teras/Halaman


• Kalo KURSI pada jaman dahulu diperuntukkan bagi para raja-raja, kalo sekarang biasa dipakai para pekerja kantoran (kalangan atas)

Contohnya:

– Kursi Raja (Singgasana)


– Kursi Kantor


– Kursi Parlemen

Makanya kita sering mendengar istilah BANGKU SEKOLAH dan KURSI DPR. Yg menegaskan BANGKU itu untuk kalangan BAWAH.. kalo KURSI kalangan ATAS.

Asal Mula Kata BANGKU

Kata bank berasal dari bahasa Italia, yaitu banca. Banca memiliki arti papan panjang untuk duduk. Menurut Alif Danya Munsyi dalam bukunya “9 dari 10 kata Bahasa Indonesia adalah Asing”, bahasa Spanyol dan Portugis mengejanya banco; Prancis mengejanya banque; dan Inggris, Jerman, Belanda mengejanya bank.

Kita menyerap asal muasal bahasa Italia tersebut melalui Belanda. Ia menulis dalam bahasa Belanda sendiri, Bank juga berarti ‘papan panjang untuk duduk’. Dari bank pula turun kata ‘bangku’ dalam bahasa Indonesia. Di Italia zaman dulu orang melakukan tukar menukar uang memang di atas banca, yang artinya papan panjang untuk duduk tersebut.

Pada suatu ketika, pemilik banca melakukan kecurangan. Maka orang-orang yang berurusan dengannya naik pitam, lantas merusak banca itu. Rusak dalam bahasa Italia adalah rotto. Maka, bangku yang rusak dalam bahasa Italia adalah banca rotto. Dari istilah inilah turun kata ‘bangkrut’, artinya sekarang ‘pailit’.

BONUUSSS GAN!!

Mungkin kalo kursi listrik yg dibuat untuk melakukan penyiksaan kepada orang yang bersalah.. Agan-agan semua uda pada tau dan pernah ngeliat. Tapi kalo kursi untuk orang melahirkan pada jaman dulu, pastinya belum semuanya pada tau.

– Kursi persalinan


– Kursi persalinan lagi

Mungkin kursi semacam ini tidak dapat ditemukan di Indonesia. Kursi ini didesain khusus dengan lobang berada di tempat duduknya untuk memudahkan proses persalinan. Dengan pegangan di kedua tangan kursi dan tempat pijakan kaki, diharapkan ibu yang melahirkan dapat memperoleh posisi yang nyaman ketika mengalami kontraksi. Beberapa model bahkan bisa disetel pada bagian sandarannya.

Di beberapa negara (di perkampungan) masih ada yang menggunakan kursi ini untuk membantu proses persalinan. Kursi ini di wariskan secara turun temurun di dalam keluarga.

Sumber: Kaskus.co.id via (http://fadhlihsan.blogspot.com/2014/09/bikin-penasaran-ini-bedanya-bangku-sama.html)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: