Suparto; Tukang Tambal Ban Naik Haji 2014

10 Sep

Suparto-Tukang-Tambal-Ban-Naik-Haji-2014-610x330

Jika siapa saja yang bersungguh-sungguh, maka pastilah ia akan mendapatkan hasil (tercapai). Ungkapan tersebut seperti yang telah dialami oleh Suparto (65) seorang kakek penambal ban asal Solo, yang berangkat haji di tahun 2014 ini.
Teriknya matahari tak lantas menyurutkan niat kakek tersebut (Suparto) untuk menyelesaikan pekerjaannya yang menambal ban sepeda itu. Ya… inilah suatu kesibukan Suparto (tukang tambal ban asal Solo) yang pada akhirnya dapat memetik buah dari pekerjaannya itu yakni berangkat haji ke tanah suci mekkah pada tahun 2014 ini.
Dengan sangat tekun dimulai sejak tahun 1997, Suparto merintis usaha menambal ban sepeda dan motor itu di depan rumahnya tepatnya di kawasan Kadipiro, daerah Banjarsari, Solo. Di tahun 2008 lalu, Suparto yang berprofesi sebagai penambal ban itu, mempunyai sebuah keinginan besar agar bisa berangkat haji ke tanah suci.
Meski pun Suparto memiliki penghasilan yang pas-pasan, justru hal itu selalu membuat semangat dan tekad Suparto semakin bulat supaya dapat menunaikan ibadah haji ke tanah suci, yakni dengan menyisihkan uang sebesar Rp. 5 ribu dari penghasilannya itu.
Usaha yang dikerjakan oleh Suparto tidak hanya itu saja dirinya tersebut juga selalu berdoa kepada Allah, supaya segera dapat menunaikan dan menjalankan ibadah haji. Sejak saat itulah, usaha Suparto pun kian semakin lancar hingga pada setiap hari ia bisa menyisihkan uang sakunya itu sebesar Rp 30 ribu.
Pada tahun 2010, Suparto sangat bertekad dan berantusias tinggi untuk mendaftarkan diri agar bisa naik haji, pada ketika itu, ongkos naik haji adalah sebesar Rp 25 juta.
Meskipun dana Rp 25 juta itu masih belum terkumpul, Suparto selalu berusaha hingga pada akhirnya ia menjadi salah satu Calon Haji dari Kloter (kelompok penerbangan) 55 dari Solo yang jadwalnya akan diberangkatkan pada hari Minggu 21 September 2014, dengan ia melunasi kekurangannya hingga memenuhi ongkos perjalanan sebesar Rp 34,5 juta.
Perjalanan, kegigihan serta keuletan dari Suparto ini patutlah diteladani (dicontohkan) hingga menjadi suatu inspirasi bagi para calon haji yang lainnya.

@http://www.mutiarapublic.com/

Pak Dhe Parto rumahnya di kampung sebelahku, 5 menit jalan sudah nyampai. Kebetulan aku kalau betulin sepeda milik anak-anak ke beliau, selain nambal ban juga reparasi sepeda dan setel pelek ruji. Pekerjaannya memang terkenal telaten dan bagus juga murah. Kemarin aku pas betulin stang seli (sepeda lipat) cuma ditarik ongkos 2 ribu rupiah. Murah kan? Dan ternyata usahanya berkah (insyaAllah).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: