Awan Cumulonimbus, Raja dari Segala Awan

31 Dec

Menguak Kedahsyatan Awan Cumulonimbus, Raja dari Segala Awan

Tahukah Anda bahwa awan Cumulonibus merupakan awan paling ditakuti oleh para penerbang di dunia. Ahli cuaca mengidentifikasikan awan Comolonibus sebagai awan yang dapat menghasilkan muatan listrik  dan juga identik dengan Tornado dan puting beliung.

Awan Cumulonimbus sangat berbahaya karena terbentuk dari awan padat yang dapat berkembang hingga menyerupai seperti gunung atau menara, yang terdiri dari tetes-tetes air di bagian bawah, sedangkan di bagian atas terdiri dari tetes-tetes salju atau kristal es. Sering kali awan ini menghasilkan muatan listrik karena adanya udara yang bergerak keatas dan kebawa sehingga terjadi sirkulasi dan pergesekan yang terjadi antara partikel-partikel awan

Awan ini sering terbentuk akibat dari ketidakstabilan atmosfer, dan biasanya akan menimbulkan kilat dan guntur, hingga hujan lebat, angin kencang, hujan es, bahkan badai petir dahsyat. Banyak sekali tragedi kecelakaan pesawat akibat awan Cumulonimbus salah satunya adalah tragedi Sukhoi Superjet 100 Rusia saat menabrak tebing Gunung Salak, Bogor pada 9 Mei 2012 silam. Selain itu juga terhempasnya Lion Air di perairan Bali pada 13 April 2013 lalu yang juga diidentifikasi karena adanya awan Cumulonimbus.

@http://www.fokusjabar.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: